Sosok

Advokasi Pemberantasan Korupsi di Dunia Pendidikan, KOPEL Gelar Sekolah Aman

Administrator | Sabtu, 23 Desember 2017 - 21:34:39 WIB | dibaca: 163 pembaca

Bogor, Jakpos.web.id-  Komisi Pemantau Legislatif (KOPEL) menggelar Sekolah Aman, Sekolah Aman merupakan program yang sudah setahun dijalankan oleh KOPEL, kegiatan ini merupakan bentuk advokasi terhadap sekolah-sekolah yang tidak mendapat perhatian pemerintah dari segi infrakstruktur, kegiatan Sekolah Aman berlangsung pada 18-20 Desember bertempat di Desa Kiarasari, Kabupaten Bogor.

 Menurut Koordinator KOPEL Indonesia, Syamsudin Alimsyah, sekolah aman merupakan bagian dari refleksi peringatan hari anti korupsi sedunia, secara spesifik kegiatan ini juga dimaksudkan sebagai bahan evaluasi terkait keberlangsungan program Sekolah Aman.

 “Peserta kegiatan ini merupakan para guru dari beberapa kecamatan di Kabupaten Bogor, mereka kita telah dampingi selama kurang lebih setahun dalam bentuk program Sekolah Aman, KOPEL berupaya membukakan ruang agar mereka mampu menyampaikan permasalahan secara langsung terkait sangat minimnya infrastruktur di sekolah mereka” Jelas pria yang biasa disapa Syam ini, Rabu (20/12).

 Dalam pembukaan kegiatan, mantan Ketua KPK, Abraham Samad hadir sebagai pembicara kunci, dalam pidatonya Abraham Samad lebih banyak memberikan motivasi tentang betapa pentingnya pendidikan bertindak sebagai pintu pertama pencegahan korupsi.

 “Kesempatan orang tua untuk menamkan pendidikan karakter kepada anaknya semakin berkurang khususnya di daerah perkotaan, orang tua kebanyakan disibukkan dengan rutinitas kerja, dalam kondisi seperti ini pendidikan formal seharusnya mengambilalih peran orang tua dalam rangka menanamkan pendidikan karakter kepada siswa, pendidikan karakter yang baik mampu meminimalisir prilaku korupsi kepada generasi mendatang” Jelasnya, Senin (18/12)

 Kegiatn ini juga turut menghadirkan perwakilan organisasi dan NGO yang menaruh perhatian pada pemberantasan korupsi, mereka yang hadir diantaranya perwakilan dari Perludem, JPPI, ICB, Pattiro, dan HMI MPO. Perwakilan organisasi dan NGO bertindak sebagai narasumber dalam sesi talk show pada hari ketiga.










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)