Suara Kebon Sirih

Hujan Interupsi Pengesahan APBD DKI 2018, Anies: Dinamika Normal

Administrator | Kamis, 30 November 2017 - 23:35:51 WIB | dibaca: 133 pembaca

Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno

Kebon Sirih, JakPos.web.id - Rapat paripurna pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta 2018 diwarnai hujan interupsi. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memandang interupsi merupakan hal wajar.

Meski dihujani interupsi, Anies bersyukur, Rancangan APBD 2018 dengan total anggaran sebesar Rp 77,117 itu telah disepakati.

"Kami bersyukur karena memang inilah yang namanya kolaborasi. Semua warga diajak terlibat, semua melihat, semua memperhatikan," kata Anies usai paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Kamis (30/11).

Interupsi dari dewan, menurut Anies, merupakan suatu pembelajaran. Mantan Menteri Pendidikan itu menilai interupsi selama sidang paripurna adalah dinamika wakil rakyat yang selalu normal.

"Kami merasa bahagia bahwa ini tuntas," ujarnya.

Masukan-masukan dari anggota Dewan maupun masyarakat, lanjut Anies, akan menjadi bahan bagi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan perbaikan. Dengan begitu, Pemprov DKI akan menjadi lebih baik lagi ke depannya.

Ia juga mengatakan, jajaran Pemprov DKI Jakarta akan mengkaji beberapa peraturan gubernur (pergub) agar anggaran yang digunakan memenuhi prinsip keadilan.

"Termasuk mekanisme-mekanisme yang selama ini ada itu, banyak sekali pergub-pergub yang mengatur dan kita akan review semuanya," kata Anies.

Setelah mendengar seluruh interupsi itu, pimpinan sidang, yang diketuai Ketua DPRD DKI, Prasetyo Edi Marsudi kemudian meminta persetujuan mengenai RAPBD DKI 2018.

"Saya ingin menanyakan kepada paripurna ini, apakah rancangan peraturan daerah tentang anggaran pendapatan dan belanja daerah DKI 2018 untuk ditetapkan sebagai menjadi Perda dapat disetujui?" tanya Prasetio.

"Setuju," jawab mayoritas anggota dewan.

Setelah disetujui peserta paripurna, Prasetyo kemudian mengetuk palu tanda disahkannya RAPBD DKI 2018 sebesar Rp 77,117 triliun. (yud/JP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)