Ini Difabel

Ini 4 Faktor Penyumbang Disabilitas, Kecelakaan Lalulintas Termasuk

Administrator | Minggu, 24 September 2017 - 20:41:27 WIB | dibaca: 233 pembaca

JATINEGARA, Jak Post.web.id – Perwakilan Gerakan Peduli Disabilitas dan Lepra Indonesia (GPDLI), Abi Marutama mengatakan disabilitas merupakan gabungan kondisi Fisik dan Lingkungan. Hal tersebut mengacu pada hasil dari data World Healt Organization (WHO).

“Disabilitas itu hambatan dalam berpartisipasi, jika ada efek dari lingkungan maka maksud dari WHO tersebut jadi benar,” kata Abi dalam Diskusi Publik yang digelar Forum Jakarta Baru, di Jarinegara, Jakarta Timur, Jumat (22/9).

Dia menjelaskan hambatan dari lingkungan fisik itu ketika seorang pengguna kursi roda tidak akan masuk ke suatu bangunan jika bangunan tersebut tidak di dukung infrastruktur yang mendukung untuk kodisi. “Tidak ada bidang miring atau tidak ada lift,” jelasya dalam Diskusi yang mengangkat tema ‘Infrastruktur Jakarta Ramah Disabilitas’.

Sementara dalam lingkungan firtual hambatan disabilitas muncul ketika merebaknya internet. “Design internet belum mengakomodasi kondisi disabilitas, maka penyandang disabilitas tidak bisa mengakses,” terangnya.

“Seperti di Jepang, jika ada hal yang tidak mendukung untuk disabilitas, maka pemilik program dapat di gugat,” tambahnya.

Faktor Disabilitas.

Abi mengungkapkan bahwa menurut data WHO, sekitar 15% masyarakat di dunia menyandang disabilitas, dan terutama di negara berkembang. “Penyebab utama karena kemiskinan,” ungkapnya.

Menurutnya, sesuai data WHO ada empat (4) faktor utama penyebab disabilitas yakni Penyakir Tidak Menular (PTM) yang disebabkan Pola hidup dan pola makan tidak baik, serta polusi. “Bahkan di BPJS sendiri penyumbang terbesar dari PTM,” paparnya.

Selanjutnya yakni dari Penyakit Menular, lalu Faktor kecelakaan Lalu Lintas. “Faktor kecelakaan lalulintas juga menjadi penyumbang terbanyak,” ujarnya.

Terakhir adalah Penuaan Secara Alami, karena menurutnya sadar atau tidak sadar seluruh manusia itu berpotensi menyandang disabilitas. “Kita akan menyandang disabilitaa ketika kita semakin tua, karena kecenderungan fungsi-fungsi tubuh kita semakin berkurang,” tandasnya.

(Eky/JP)

sumber : sketsaindonews.com










Komentar Via Website : 1
tips menambah berat badan yang sehat
23 Juni 2018 - 15:05:14 WIB
selamat siang, sukses terus https://goo.gl/38fk1T
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)