Balai Kota

Komitmen Penuhi Janji Politik, Anies Cabut Raperda Tata Ruang Reklamasi Dari Prolegda

Administrator | Sabtu, 23 Desember 2017 - 20:56:16 WIB | dibaca: 141 pembaca

Balaikota, Jakpos.web.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mulai melakukan langkah konkrtit dalam memenuhi janji politiknya terkait reklamsi, hal tersebut ditandai dengan pencabutan Raperda terkait tata ruang reklamasi dari Program Legslasi Daerah (Prolegda).

 

Sebelumnya Djarot Saiful Hidayat saat masih menjabat sebagai Gubernur DKI sempat mengajukan Raperda ke DPRD DKI mengenai tata ruang reklamasi, akan tetapi saat itu DPRD DKI melakukan penolakan dengan alasan naskah Raperda yang diusulkan masih perlu disempurnakan.

 

Anies mengklaim penarikan Raperda Rencana Tata Ruang Kawasan Strategis Pantai Utara Jakarta dimaksudkan untuk mengkaji secara keseluruhan isi Raperda.

 

“Isi Raperda harus mempertimbangkan semua aspek, bukan hanya aspek geopolitis, tapi juga sosial, budaya, dan ekonomi. Guna memastikan pencapaian tersebut maka akan dibentuk tim penataan kawasan pantai. Nantinya Perda yang dihasilakn tidak boleh hanya mengatur kondisi hari ini tapi juga perlu mengatur kondisi di masa depan” Jelasnya, Selasa (5/12).

 

Isu Reklamsi menjadi semakin panas saat Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mencabut moratorium reklamasi, banyak pihak menilai tindakan pencabutan moratorium reklamasi merupakan indikasi nyata keberpihakan pemerintah pusat terhadap reklamsi, padahal menurut Walhi banyak bukti menguatkan bahwa reklamasi sangat merusak lingkungan dan tidak berpihak kepada masyarakat kecil khususnya nelayan.

 

Belakangan ini sorotan terhadap reklamasi semakin menguat, rakyat Jakarta menanti ketegasan Anies-Sandi dalam memberhentikan reklamasi, bahkan sejak hari pelantikan gubernur sudah ada kelompok masyarakat yang melakukan demonstrasi menuntut Anies-Sandi memenuhi janjinya terkait reklamasi. Anies sendiri dalam beberapa kesempatan selalu menegaskan komitmennya terhadap kasus reklamasi, yakni sikap penolakan dan pemberhentian reklamasi.(nal/JP) 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)