News

Museum Nasional Gelar Diskusi Kebangkitan dan Kedatuan Sriwijaya

Administrator | Rabu, 22 November 2017 - 01:30:57 WIB | dibaca: 99 pembaca

Kegiatan diskusi buku kedatuan Sriwijaya di museum nasional bersama dua Arkeolog Puslit Arkena dan 60 puluh peserta (foto : jul/JP)

Jakarta- JakPos.web.id - Pertanyaan yang yang belum terjawab para arkeolog “ Bagaimana mengetahui  kedatuan dan spirit perjuangan Sriwijaya yang berabad-abad lamanya. Kemampuan mengirim rempah-rempah ke berbagai wilayah, kemapanan militer, strukturisasi dan mengenal kasta dalam kerajaan menjadi hal penting untuk kita ketahui,” .

Pertanyaan yang belum tuntas itu hendak dijawab oleh Museum Nasional dengan menggelar diskusi;‘Kebangkitan dan Kedatuan’ Sriwijaya. Di Museum Nasional , Jakarta, Jumat (17/11).

Salah seorang Narsum diskusi menjelaskan, Bambang Budi Utomo  dan Agustijanto Indrajaya. Dengan membagikan masing-masing satu buku pada peserta dan stiker tentang Kebangkitan dan Kedatuan Sriwijaya menjadikan nilai tambah tersendiri bagi para peserta yang hadir dalam diskusi ini.

Argeolog Agustijanto menambahkan,  sebagai salah satu narasumber dalam diskusi ini menyampaikan juga beberapa point penting.mMengatakan,  “kedatuan Sriwijaya diketahui lewat prasasti, artevak-artevak yang ada, emas, batu berlian yang telah ditemukan serta benda-benda sejarah lainnya yang ditemukan’’ Kata Agus.

Terpisah, Ketua Panitia Diskusi mengatakan, “  Museum nasional sangat tepat untuk diadakan diskusi sejarah. Pelaksanaan diskusi di Meseum Nasional ini sangat strategis karena bisa dijangkau oleh berbagai kalangan, serta bagian dari tanggung jawab pemerintah sebagai bagian dari tsanggung jawab sejarah”. Tutur ketua panitia.

Peserta yang terdiri dari berbagai kalangan; tua muda, aktivis, budayawan,mahasiswa ,sejarawan sangat menikmati diskusi buku yang diadakan oleh Museum Nasional sebagai bagian dari rangkaian pameran Kedatuan Sriwijaya yang digelar sampai tanggal 28 November ke depan. Dalam acara ini banyak peserta yang mengajukan pertanyaan dan beberapa diantaranya memberikan klarifikasi terkait tema diskusi ini. (jul/JP)

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)