Balai Kota

Realisasi Program Anies-Sandi Tergantung Regulasi dan Implementasi

Administrator | Rabu, 04 Oktober 2017 - 02:05:41 WIB | dibaca: 177 pembaca

Dr. Enny Sri Hartati, Foto: Istimewa

Jakarta, JakPos.web.id - Program kampanye yang digaungkan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno perihal One Kecamatan One Centre of Entrepreneurship (OK OCE) dan program hunian terjangkau DP 0 rupiah bisa diimplementasikan. Hal ini dikatakan oleh Direktur Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Dr. Enny Sri Hartati, Selasa (03/10).

Menurutnya dua program unggulan tersebut bisa diimplementasikan dengan beberapa catatan yang harus diselesaikan, baik regulasi ataupun implementasi di lapangan.

"Program DP nol rupiah adalah program yang bagus. Persoalannya adalah bagaimana masyarakat berpenghasilan rendah bisa mengakses perumahan kalau lahan sudah dikuasai para pemodal?. Sampai kapanpun masyarakat berpenghasilan rendah tidak punya daya beli untuk memiliki rumah," ungkapnya.

Enny pun menyoroti program OK OCE terkait masalah zonasi.

"Usaha yang ada dalam OK OCE bersifat mikro dan rumahan, apakah pemerintah sudah mempersiapkan peraturan tentang zona ekonomi di permukiman?", tanyanya.

Dikatakannya bahwa pemerintah harus memberikan bantuan mengenai akses pemasaran kepada usaha mikro masyarakat karena kompetitor mereka dari kalangan industri retail modern terhitung lebih perkasa.

"Usaha mikro masyarakat akan berhadapan dengan retail modern. Sehingga jika tidak ada bantuan akses pemasaran, maka usaha mikro bisa layu sebelum berkembang,'pungkasnya. (Yds/JP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)