Ragam

Tidak Terdaftar di BPOM, Peredaran Kangen Water Resmi Dilarang

Administrator | Selasa, 28 November 2017 - 00:56:13 WIB | dibaca: 782 pembaca

Illustrasi Kangen Water

Jakarta, JakPos.web.id - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi telah melarang produk air alkali yang dihasilkan mesin Kangen Water. Alasannya produk itu belum memenuhi standar.

Hal ini disampaikan secara tegas oleh kepala BPOM, Penny Lukito saat ditemui di kantornya, Senin (27/11).

"Kangen Water seperti dijelaskan, intinya kalau dikonsumsi secara pribadi, ya itu ada di dalam otoritas pribadi. Kalau sudah dikemas dan diedarkan, itu tidak memenuhi ketentuan yang ada," ujar Penny

Dia menyatakan, jika produk itu kembali beredar, BPOM akan melakukan tindakan tegas dan penarikan terhadap produk-produk tersebut.

"Jadi itu warning dari kita. Jadi tidak boleh menggunakan alat tersebut karena belum memenuhi standar yang ada, belum ada (aturan) kemasan yang meng-cover Kangen Water, belum ada uji keamanan dan mutu," tutur dia.

Belum lagi, klaimnya yang bisa menyehatkan dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Menurut Penny, untuk produk makanan dan minuman tidak boleh mengklaim bisa menyembuhkan penyakit.

Sementara itu, Suratmono selaku Deputi Bidang Pengawasan Keamanan dan Bahan Berbahaya BPOM menegaskan bahwa Kangen Water tidak boleh mengklaim sebagai obat.

"Harus di lihat dan dikaji (manfaat) jangan sampai hanya testimoni, tapi yang jelas kalau dia makanan dan minuman tidak boleh diklaim sebagai obat," ungkap Suratmono saat ditemui di kantornya, di Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Dikatakannya, jika Kangen Water mengklaim sebagai obat hal itu melanggar undang-undang. Dia juga menegaskan bahwa ada ancaman yang tegas bagi yang memproduksi dan mengedarkannya.

Dia juga menjelaskan, Kangen Water juga tidak bisa disebut dalam kategori air minum dalam kemasan. Hal ini karena tidak memenuhi kategori dan standar air minum dalam kemasan.

"Karena bicara air minum dalam kemasan itu ada 4, air mineral, air mineral alami, demineralisasi dan air embun, dan kangen water itu tidak masuk dalam empat itu, oleh karena itu kangen water itu tidak terdaftar di Badan POM," kata dia.

Suratmono menyarankan bagi masyarakat agar tidak mudah percaya pada produk yang dengan mudah mengklaim sebagai produk kesehatan. Dia menyarankan untuk melakukan pengecekan ke website BPOM terlebih dahulu.

"Supaya tidak ada kontroversi, kan yang paling kompeten Badan POM, kalau ada di web ya berarti aman," tandasnya. (yud/JP)










Komentar Via Website : 62
Cara Mengobati Mata Katarak
05 Februari 2018 - 08:38:10 WIB
perbedaan penyakit paru-paru basah dan tbc
05 Februari 2018 - 10:14:32 WIB
Selamat datang di website resmi jualherbal.id pada kesempatan kali ini kami selaku agen resmi obat herbal Tasikmalaya akan memberikan suatu informasi mengenai Perbedaan Penyakit Paru-paru Basah dan TBC. Agar tidak menghabiskan banyak waktu mari kita simak berikut di bawah ini.
https://goo.gl/iJdVLf
https://goo.gl/BndsAj
https://goo.gl/5jz68V
https://goo.gl/HzX1fF
https:/ /goo.gl/mBCRq6
Pantangan Makanan Penderita Paru-paru Basah
07 Februari 2018 - 09:53:50 WIB
pada kesempatan kali ini kami akan memberikan suatu informasi mengenai Pantangan Makanan Penderita Paru-paru Basah. Langsung saja kita simak berikut dibawah ini.
https://goo.gl/U2ctaE
https://goo.gl/iJdVLf
https://goo.gl/BndsAj
https://goo.gl/5jz68V
http:// jualherbal.id/
Cara Mengobati Batuk Bronkitis Pada Anak
07 Februari 2018 - 13:30:28 WIB
Good day Wednesday I hope your day is full of happiness
https://goo.gl/e5A4JC
https://goo.gl/bw24Z A
https://goo.gl/8SR7UA
gejala kanker paru
09 Februari 2018 - 15:23:56 WIB
Selamat datang di blog obatherbaltasikmalaya27.blogspot.com pada kesempatan kali ini kami akan memberikan suatu informasi mengenai Gejala Kanker Paru-paru Yang Harus Diwaspadai. Langsung saja kita simak berikut dibawah ini
https://goo.gl/K2gffY
https://goo.gl/1ZZoTS
Cara Alami Mengobati Infeksi Saluran Kemih
10 Februari 2018 - 14:40:24 WIB
iformasinya sangat menarik untuk kita simak
https://goo.gl/SaUHW5
obat diabetes mellitus
12 Februari 2018 - 14:12:01 WIB
Penyakit Diabetes Mellitus merupakan penyakit jangka panjang atau kronis yang memiliki kadar gula darah diatas batas normal
https://goo.gl/W5UkK2
Posisi Seks Yang Membuat Orgasme Wanita
13 Februari 2018 - 13:49:08 WIB
terima kasih banyak untuk informasinya, salam kenal

https://goo.gl/XV88cE
AwalKembali 123... 7 Lanjut Akhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)