Balai Kota

Tim Sinkronisasi: Anis-Sandi Tegas Tetap Tolak Reklamasi

Administrator | Minggu, 08 Oktober 2017 - 02:27:29 WIB | dibaca: 156 pembaca

Reklamasi Teluk Jakarta, Foto : Istimewa

Jakarta, JakPos.web.id - Sikap konsisten atas penolakkan reklamasi masih dipegang teguh oleh Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan-Sandiaga Uno meski Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sudah membolehkan reklamasi 17 pulau di Teluk Jakarta.

Hal ini diungkapkan melalui salah satu Tim Sinkronisasi mere, Edriana Noerdin. Dikatakannya bahwa Anis-Sandi tidak ingin reklamasi dilanjutkan. Jum'at (6/10).

"Kita tunggu sebentar lagi, Insya Allah Anis-Sandi akan dilantik, nanti mereka akan menyatakan sikap resmi yang sampai saat ini belum berubah yaitu secara tegas menolak reklamasi,"katanya.

Secara terpisah, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Jakarta Tuty Kusumawati menyambut baik dicabutnya penghentian sementara moratorium.

Ia menerangkan surat nomor S-78-001/02/Menko/Maritim/X/2017 telah ditandatangani Menteri Luhut pada 5 Oktober 2017. Surat tersebut juga sudah diterima  pemerintah DKI Jakarta.

Ditambahkannya, surat tersebut membatalkan atau mencabut surat nomor 27.1/Menko/Maritim/IV/2016 yang dikeluarkan Menko Maritim pada tanggal 19 April 2016 lalu.

"Intinya itu mencabut. Kan yang lalu Pak Menko Maritim sudah pernah mengeluarkan surat ya. Nah itu dicabut. Pencabutan penghentian sementara moratorium pembangunan proyek reklamasi Teluk Jakarta kepada gubernur,"terangnya.

Menindaklanjuti surat tersebut, pemerintah DKI kemarin telah melayangkan surat ke pimpinan DPRD Jakarta dan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.

"Satu kepada DPRD mohon untuk segera dibahas dan disetujui bersama, dilakukan paripurna persetujuan untuk perda. Kemudian untuk ATR persetujuan substansi," pungkas Tuty. (Yds/JP)










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)