News

Pecahkan Rumus Tersulit Dunia, Yogi Harumkan Nama Indonesia

Administrator | Rabu, 22 November 2017 - 03:29:23 WIB | dibaca: 6630 pembaca

Jakarta, JakPos.web id - Nama Indonesia kembali harum di dunia Internasional berkat seorang pria bernama Yogi Ahmad Erlangga kelahiran Tasikmalaya, Jawa Barat.

Pria yang pernah menempuh pendidikan S-3 di Delft, Belanda, berhasil memecahkan salah satu rumus matematika tersulit yang selama 30 tahun tak seorang pun mampu memecahkannya. Rumus matematika itu terkenal dengan sebutan Persamaan Hemlholtz.

Persamaan Hemlholtz sendiri sangat berguna bagi perusahaan-perusahaan minyak. Karena dengan rumus tersebut, mereka dapat menemukan sumber minyak di perut bumi lebih cepat 100 kali dengan gelombang elektromagnetik yang dipantulkan dengan akurasi sangat tinggi.

Dengan menghabiskan dana hingga enam milyar serta waktu empat tahun yang diinvestasikan oleh sebuah perusahaan minyak Shell, akhirnya Yogi mampu menjawab tantangan yang diminta oleh perusahan tambang minyak tersebut yang dipercayakan kepada dirinya. Universitas-universitas di Eropa, Israel, dan Amerika pun memberikan pujian kepada pria jebolan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Meski demikian, dengan kerendahan hatinya tak ingin mematenkan temuannya yang bisa menjadi sumber uang. Menurutnya, mematenkan temuan tersebut hanya akan menghambat perkembangan riset selanjutnya.

"Saya ingin temuan ini dimanfaatkan sebesar-besarnya bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena itu hak manusia," ungkapnya.

Selain perusahaan minyak bumi, industri yang dapat menggunakan Persamaan Hemlholtz yaitu industri radar, penerbangan kapal selam, penyimpanan data dalam blue ray disc, laser, dan ilmu-ilmu lain terkait gelombang elektromagnetik. Buku yang ditulis Yogi tentang Persamaan Hemlhotz laris terjual bak kacang goreng.

Kini, ilmuwan yang mendapat julukan Habibie Muda tersebut menjadi dosen di Alfaisal University, Riyadh, Arab Saudi. Tak puas dengan pencapaiannya, ia masih ingin melakukan penelitian tentang pesawat terbang, perminyakan, dan biomekanik. (yud/JP)










Komentar Via Website : 185
agen qnc jelly gamat gorontalo
28 Juli 2018 - 14:01:33 WIB
thanks information
cara menyembuhkan kanker nasofaring
10 Agustus 2018 - 10:24:11 WIB
mantap gan
Awal Kembali...171819 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)