Ragam

Tidak Terdaftar di BPOM, Peredaran Kangen Water Resmi Dilarang

Administrator | Selasa, 28 November 2017 - 00:56:13 WIB | dibaca: 706 pembaca

Illustrasi Kangen Water

Jakarta, JakPos.web.id - Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) secara resmi telah melarang produk air alkali yang dihasilkan mesin Kangen Water. Alasannya produk itu belum memenuhi standar.

Hal ini disampaikan secara tegas oleh kepala BPOM, Penny Lukito saat ditemui di kantornya, Senin (27/11).

"Kangen Water seperti dijelaskan, intinya kalau dikonsumsi secara pribadi, ya itu ada di dalam otoritas pribadi. Kalau sudah dikemas dan diedarkan, itu tidak memenuhi ketentuan yang ada," ujar Penny

Dia menyatakan, jika produk itu kembali beredar, BPOM akan melakukan tindakan tegas dan penarikan terhadap produk-produk tersebut.

"Jadi itu warning dari kita. Jadi tidak boleh menggunakan alat tersebut karena belum memenuhi standar yang ada, belum ada (aturan) kemasan yang meng-cover Kangen Water, belum ada uji keamanan dan mutu," tutur dia.

Belum lagi, klaimnya yang bisa menyehatkan dan menyembuhkan sejumlah penyakit. Menurut Penny, untuk produk makanan dan minuman tidak boleh mengklaim bisa menyembuhkan penyakit.

Sementara itu, Suratmono selaku Deputi Bidang Pengawasan Keamanan dan Bahan Berbahaya BPOM menegaskan bahwa Kangen Water tidak boleh mengklaim sebagai obat.

"Harus di lihat dan dikaji (manfaat) jangan sampai hanya testimoni, tapi yang jelas kalau dia makanan dan minuman tidak boleh diklaim sebagai obat," ungkap Suratmono saat ditemui di kantornya, di Percetakan Negara, Jakarta Pusat.

Dikatakannya, jika Kangen Water mengklaim sebagai obat hal itu melanggar undang-undang. Dia juga menegaskan bahwa ada ancaman yang tegas bagi yang memproduksi dan mengedarkannya.

Dia juga menjelaskan, Kangen Water juga tidak bisa disebut dalam kategori air minum dalam kemasan. Hal ini karena tidak memenuhi kategori dan standar air minum dalam kemasan.

"Karena bicara air minum dalam kemasan itu ada 4, air mineral, air mineral alami, demineralisasi dan air embun, dan kangen water itu tidak masuk dalam empat itu, oleh karena itu kangen water itu tidak terdaftar di Badan POM," kata dia.

Suratmono menyarankan bagi masyarakat agar tidak mudah percaya pada produk yang dengan mudah mengklaim sebagai produk kesehatan. Dia menyarankan untuk melakukan pengecekan ke website BPOM terlebih dahulu.

"Supaya tidak ada kontroversi, kan yang paling kompeten Badan POM, kalau ada di web ya berarti aman," tandasnya. (yud/JP)










Komentar Via Website : 61
Awal Kembali...567 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)